Friday, February 3, 2017

Jawaban Tugas Mandiri BAB 6 LENGKAP PKn Kelas 12

Image result for hubungan internasional



Jawaban Tugas Mandiri BAB 6 LENGKAP PKn Kelas 12 – Hubungan internasional merupakan suatu kegiatan yang sudah semestinya dilakukan oleh suatu Negara karena memang tidak ada Negara yang bsa hidup sendiri dan tanpa membutuhkan bantuan orang lain. Pada BAB 6 kali ini, kita akan sedikit menyinggung mengenai materi hubungan internasional. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan JawabanTugas Mandiri BAB 6 LENGKAP PKn Kelas 12 . Semoga teman-teman dapat terbantu!

Image result for hubungan internasional

TUGAS MANDIRI 5.1

No
Nama Ahli
Konsep yang Dikemukakan tentang Hubungan Internasional
1
Kenneth W.Thompson
Hubungan internasional adalah studi tentang rivalitas amtar bangsa beserta kondisi-kondisi dan institusi-institusi yang memperbaiki atau memperburuk rivalitas tersebut.
2
Drs.R Soeprapto
Hubungan internasional studi yang orientasinya bersifat efektif (orientasi pasca perilaku ) yang sering mengkombinasikan unsur-unsur pendekatan ilmiah dengan tujuan yang jelasnilainya seperti mensubtitusikan perang dengan metode-metode perdamaian untuk menyelesaikan pertikaian, pengendalian penduduk, perlindungan terhadap lingkungan, pemberantasan penyakit, kemelaratan manusia.
3
Warsito Sunaryo
Hubungan Internasional adalah studi atau pembelajaran tentang interaksi antar jenis kesatuan – kesatuan sosial tertentu. Kesatuan sosial tertentu yang dimaksud disini adalah kesatuan-kesatuan sosial tertentu yang diartikan seperti Negara, bangsa, maupun organisasi Negara sepanjang bersifat Internasional.


BACA JUGA

Jawaban Tugas Mandiri 7.1 dan 7.2 PKn Kelas 11


2. Dari definisi definisi tentang hubungan internasional tersebut, rumusan siapakah yang paling relevan dengan konteks hubungan internasional yang dijalin oleh bangsa Indonesia? Berikan alasannya.

Jawaban : Menurut saya, dari ketiga definisi tentang hubungan internasional diatas rumusan yang paling relevan dengan konteks hubungan internasional yang dijalin oleh bangsa Indonesia adalah Warsito Sunaryo karena hubungan internasional merupakan interaksi yang mana interaksi itu adalah suatu hubungan. Sedangkan saya karena definisi yang di paparkan oleh Warsito jauh lebih luas dibanding dengan definisi para ahli yang lainnya.



3. Rumuskanlah definisi hubungan internasional menurut pendapat sendiri.

Jawaban : Menurut saya, hubungan internasional adalah suatu interaksi serta studi antar Negara yang saling berhubungan, dalam berbagai bidang, baik ekonomi, politik maupun yang lain serta kesatuan sosial Negara yang bersifat internasional.


Image result for ideologi indonesia




TUGAS MANDIRI 5.2

No.
Bidang
Manfaat Hubungan Internasional
1.
Ideologi
Mengukuhkan ideologi NKRI yaitu Pancasila dan memperkuat dasar-dasar ideology pada masyarakat, bangsa, serta Negara.
2.
Politik
Meningkatkan kerja sama bilateral, regional dan multilateral serta mempererat hubungan persahabatan antar Negara.
3.
Ekonomi
Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia
4.
Sosial Budaya
Terbentuknya suatu masyarakat yang adil dan makmur secara material dan spriritual dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
5.
Pertahanan dan Keamanan
Membentuk suatu pertahanan yang kuat di daerah perbatasan karena dengan hubungan internasional dapat bertukar pikiran mengenai system hankam yang baik.

                             Image result for gaza

TUGAS MANDIRI 5.3

1. Apa kesimpulan yang dapat kalian rumuskan setelah membaca berita di atas?

Jawaban : Kesimpulan saya setelah membaca berita ialah Indonesia membuktikan diri sebagai salah satu Negara yang aktif dalam membangun dan mengusahakan perdamaian dunia, serta salah satu Negara yang aktif dalam hubungan internasional dengan salah satu pembuktiannya yaitu mendorong perdamaian dan membangun kembali Jalur Gaza.

BACA JUGA

DOWNLOAD SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BIOLOGI TAHUN 2014, 2015, dan 2016


2. Apabila dikaitkan dengan pengamalan Pancasila, termasuk ke dalam sila ke berapakah konstribusi Bangsa Indonesia kepada perdamaian di Palestina?

Jawaban : Konstribusi Bangsa Indonesia tersebut termasuk ke dalam sila ke dua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. 

3. Bagaimana penilaian kalian atas peran Bangsa Indonesia dalam menjalin hubungan internasional dengan negara lainnya?

Jawaban : Menurut saya peran Bangsa Indonesia dalam menjalin hubungan Internasional dengan Negara lain sudah cukup aktif dan tanggap dalam menghadapi konflik internasional yang terjadi.

4. Apa saja saran yang dapat kalian ajukan kepada Pemerintah untuk meningkatkan peran Bangsa Indonesia dalam hubungan internasional?

Jawaban : Saran saya ialah agar pemerintah dapat terus aktif dan yang terutama utamakan rakyat sendiri atau dalam lingkup sendiri sebelum mengulurkan tangan jauh ke luar sehingga rakyat Indonesia tidak ada yang menderita atau terlantar di negeri sendiri maupun negeri orang.


 Nah semoga teman-teman semua dapat memahami materi tentang Hubungan Internasional, dan semoga teman-teman dapat terbantu dengan artikel ini. Terimakasih dan jangan lupa untuk komen dan mengunjungi artikel lainnya!


EmoticonEmoticon